Ramadhan Meet Up DrZlim Gelar Bukber Bareng Media & KOL Kemenperin Heran Amanat Perpres HGBT Industri Tidak Dilanjutkan Silaturahmi dan Sosialisasi Haji Khusus Patuna Bahas Kenaikan Tarif Haji Umumkan Logo Baru Felancy Intimate Gandeng Amanda Manopo Sebagai Brand Ambassador
Blockchain

DAC : Sertifikasi Tingkatkan Profesionalisme Konsultan Aset Digital

DAC : Sertifikasi Tingkatkan Profesionalisme Konsultan Aset Digital

foto (istimewa)

Zonaekbis.com | 

Saat ini transformasi digital yang berkembang ke segala sektor perekonomian menyebabkan transfer aset dari industri lama atau "sunset industry" ke industri baru atau "sunrise industry". Di bidang finansial yang termasuk sunset industry adalah perbankan. Sunrise industry bidang keuangan era digital adalah cryptocurrency, DeFi (Decentralized Finance), NFT (Non Fungible Token), Web 3.0, dan GameFi. Semuanya merupakan hal baru yang penting dipahami masyarakat Indonesia agar bisa menyusul Vietnam sebagai negara pengadopsi aset digital terbesar di dunia tahun 2021.

Digital Asset Academy (DAC) sebagai bagian dari Yayasan Cerdas Digital Adil Sejahtera mengemban misi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa di bidang ekonomi digital dan meningkatkan kesejahteraan rakyat di era digital. Visi DAC adalah mewujudkan Indonesia sebagai salah satu sentra aset digital terbesar dan utama di dunia. Visi dan misi itulah yang mendorong program-program edukasi publik, baik melalui seminar online harian, rangkaian kegiatan nasional IDCEX (Indonesia Creative Economy Expo), serta menjadi tuan rumah konferensi teknologi kelas dunia BlockchainWorld.ID pada bulan Agustus 2022 di Bali.

Pekerjaan besar untuk memajukan perekonomian digital khususnya aset digital di Indonesia memerlukan kombinasi solusi platform yang tepat dan sumber daya manusia terdidik sebagai pembina komunitas edukasi aset digital. Pendiri Digital Asset Academy Dr. Sulistya Putra menyatakan platform Relictum Ecosystem Indonesia yang diakses lewat website Relictum.io akan meningkatkan ketahanan ekonomi nasional dan berkontribusi melindungi aset-aset nasional termasuk budaya bangsa.

Lebih lanjut Dr. Sulistya Putra menjelaskan "Relictum Ecosystem akan meningkatkan inklusi finansial karena setiap pemilik HP bisa menjadi pengelola Bank Crypto menggunakan satu aplikasi super Relictum Node untuk mengakses berbagai aplikasi terdesentralisasi DeFi (Decentralized Finance), NFT (Non Fungible Token), dan GameFi. Relictum Ecosystem berbasis Blockchain 5.0 Relictum Pro merupakan infrastruktur terbaik untuk tren Web 3.0, yaitu protokol internet berbasis blockchain. Platform Relictum Ecosystem menyajikan solusi terpadu yang lebih mudah, aman, dan lengkap setara ribuan aplikasi terdesentralisasi lainnya yang terpisah-pisah." 

Pengembangan Relictum Ecosystem berbasis teknologi Blockchain 5.0 Relictum.io pertama di dunia didukung 10 milyar Genesis Token (GTN) dan 50% atau sebanyak 5 milyar GTN dapat dimiliki oleh para investor aset digital melalui "private sale". Saat ini telah terjual 1,9 milyar GTN. Para pemilik GTN mendapat keuntungan ganda, yaitu dari kenaikan nilai aset digital cryptocurrency GTN dan keuntungan staking GTN. Relictum Staking bermanfaat menjaga dan meningkatkan ketahanan nilai GTN. GTN juga akan listing di LBANK Exchange yang telah menandatangani kerjasama resmi dengan Relictum. Paket-paket GTN dapat diakses dengan daftar akun website Relictum.io.

Teknologi Relictum Ecosystem yang canggih dan bermanfaat bagi masyarakat perlu diajarkan oleh para pembina komunitas Digital Asset Academy yang disebut agen-agen perubahan (Agents of Change). Digital Asset Academy memberikan sertifikat sebagai penghargaan bagi para Agents of Change yang telah mengikuti program edukasi aset digital lengkap dan memenuhi kualifikasi sebagai Konsultan Aset Digital dengan beberapa kategori keahlian dan prestasi dan seleksi ketat berstandar internasinal. Di tahap awal tahun ini dari 127.000 siswa di Indonesia 53 orang telah berhasil mendapatkan Sertifikat Relictum Ecosystem sebagai berikut:

A. KATEGORI PARTNER
1. Daniel Mardianto (Kediri), Yohana (Surabaya), M. Agung Santoso (Jakarta), Edy Susanto (Lamongan), Endah Purnamasari (Bandung), Retnowati Soediono (Bandung), Ujang Rahmat Hidayat (Bandung), Maryanah (Bekasi), Erdyudin Lolis (Karawang), Lelly Supriyatni (Jakarta), Hanif Salim (Jakarta), Yuni Astuti (Kediri), KH Ir. Buya Ermas Andico (Jakarta), Bahri (Bekasi), Tsalis Sutji Rohani (Bandung), Muhammad Yusuf Bukti Rasyid (Makassar), Siti Kalimah (Grobogan), Sumarni (Banjarnegara). 

B. KATEGORI DISTRIBUTOR
Abie Kurnia (Surabaya), Jeptasari Iskak (Surabaya), Edy Cahyono (Mojokerto), Piter Pello (Kupang NTT), Syam Eka Nugraha (Sukabumi), Joner Gultom (Bandung), Moeljani Soediono (Bandung), Maria Hendrawati Yusuf (Bandung), Asep Tatang Hermawan (Bandung), Enny Indriati (Bandung), Harsono (Surabaya), Elisabeth Ermy Ho (Jakarta), Muhammad Nawir, SKM, M.Kes (Bone), Simon Rangga (Malang), Puryanto (Malang), Roedi Kurniawan (Lawang), Donny Ary Indra Irawan (Situbondo), Mohammad Husni (Sumbawa Besar), Rendy Satrya Tjahjadidjaja (Bandung), Tio Januar (Bandung), Vicentia Astrianti (Jakarta), Edy Susanto (Lamongan). 

C. KATEGORI CONSULTANT
Katno (Kediri), Yanto Harianto (Cikampek), Pri Priyadi W (Bandung), A. Benny Suharsono (Bandung), Jason Gultom (Bandung), Abdul Rasyid Aziz (Bandung), Mochammad Noer Arifin (Jakarta), Imam Hikmawan, MSc (Bandung), Desire Liana (Sidoarjo), Ahmad Farisi (Pekanbaru). 

D. KATEGORI MASTER
Gede Fredy Mahendranata (Jakarta), Lola Haryanti (Bandung), Frans Limbong (Surabaya), Agus Nugraha (Jakarta). 

Dunia aset digital termasuk Decentralized Finance merupakan bidang yang beresiko tinggi. Untuk meningkatkan manajemen resiko dan meminimalkan resiko kerugian yang dialami masyarakat, Digital Asset Academy memiliki program kerja jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang untuk terus mengembangkan kuantitas dan kualitas Konsultan Aset Digital bersertifikat. 

Para konsultan profesional bersertifikat DAC dapat mengajarkan masyarakat keunggulan-keunggulan solusi DeFi Relictum Ecosystem yang terdiri dari Relictum Finance, Relictum Pay, Relictum DEX, Relictum Staking, Relictum SWAP, Relictum Pool, Relictum Node, Relictum Storage, Relictum Chat, Relictum Game, Relictum NFT, Relictum Pro, dan Relictum Lab.

Relictum Finance adalah solusi DeFi untuk pembayaran bisnis internasional dan pengiriman uang antar negara tanpa bank tradisional menggunakan Stable Coin USDR dengan biaya transaksi nol alias gratis. Relictum Pay adalah paymet gateway untuk pertukaran cryptocurrency dan uang fiat yang likuid serta didukung oleh Visa, Mastercard, dan Simplex. Relictum DEX adalah bursa Decentralized Exchange untuk jual beli 500 pasang aset crypto. Relictum Staking adalah fasilitas untuk deposit kripto, Relictum Swap untuk pertukaran langsung antar kripto, dan Relictum Pool seperti unit link untuk aset digital. 

Relictum Ecosystem juga memiliki wrapped coin untuk "membungkus" Bitcoin, Litecoin, Ethereum dengan Blockchain 5.0 jadi RBTC, RLTC, RETH. Fungsinya untuk membuat transaksi  lebih cepat dan hemat biaya.

Relictum Bridge adalah teknologi untuk interkoneksi Blockchain 5.0 Relictum Pro dengan ekosistem Ethereum, Cosmos, Solana, Near, Polkadot, dan berbagai Blockchain lainnya. Strategi ini akan meningkatkan likuiditas dan usabilitas Relictum Ecosystem sehingga meningkatkan harga GTN lebih tinggi di masa depan.

Relictum Storage adalah sistem file terdistribusi yang merupakan infrastruktur penting Web 3.0. Relictum Chat dan Relictum Game memiliki potensi pasar 3,6 milyar pengguna sedunia. Semua aplikasi Relictum Ecosystem dapat diakses dengan satu crypto wallet Relictum Node yang bisa diunduh gratis di Relictum.io. 

Relictum NFT (Non Fungible Token) adalah sertifikasi digital untuk hak atas kekayaan intelektual dan karya seni. 
Relictum NFT memiliki kategori Relictum NFT Premium untuk karya seni bernilai sangat tinggi seperti  koleksi museum, seniman dan tokoh. Relictum NFT World untuk seni digital karya masyarakat umum. Relictum NFT Design untuk karya arsitektur. Relictum NFT Islam untuk kaligrafi dan karya seni dari kebudayaan Islam berbagai negara. Platform RelictumNFT.Market sangat melindungi hak cipta dan akan menerapkan kecerdasan buatan untuk mencegah pemalsuan atau duplikasi NFT. 

Dr. Sulistya Putra mengungkapkan Relictum NFT sangat penting untuk memberi nilai tambah tinggi pada karya kreatif putra-putri Indonesia, melindungi hak cipta berbagai motif batik dan kain tenun Nusantara, dan mengembangkan ekonomi digital kreatif di Indonesia.

"Platform RelictumNFT.Market lebih aman dan terpercaya karena memiliki sistem penyimpanan aset token NFT di crypto wallet Relictum Node sehingga lebih aman daripada menitipkan koleksi NFT di lokapasar NFT seperti Opensea yang beberapa kali kebobolan oleh hacker" tambah Dr. Sulistya Putra. Digital Asset Academy meluncurkan Relictum Ecosystem Indonesia sebagai kurikulum terbaru program edukasi finansial dan aset digital. 

Saat ini DAC memiliki Kampus Regional Barat di Bandung, Kampus Regional Tengah di Surabaya, dan Kampus Regional Timur di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Layanan publik untuk informasi gratis aset digital dapat diakses di Facebook.com/digitalasset dan Telegram https://t.me/digitalassetacademy 

Digital Asset Academy mengucapkan terimakasih kepada para pemilik GTN di Indonesia atas dukungan yang diberikan untuk penyerahan Sertifikat Digital Asset Academy pada acara IDCEX East Java di Bumi Surabaya City Resort 26 Maret 2022, DAC Award Day di Hotel Kimaya Bandung 9 April 2022, dan DAC Award Day di Hotel Best Western Jakarta 13 April 2022.

TERPOPULER