Ramadhan Meet Up DrZlim Gelar Bukber Bareng Media & KOL Kemenperin Heran Amanat Perpres HGBT Industri Tidak Dilanjutkan Silaturahmi dan Sosialisasi Haji Khusus Patuna Bahas Kenaikan Tarif Haji Umumkan Logo Baru Felancy Intimate Gandeng Amanda Manopo Sebagai Brand Ambassador
Otomotif

RTMC Bantu Pengguna Jalan Antisipasi Kemacetan Selama Mudik Lebaran

RTMC Bantu Pengguna Jalan Antisipasi Kemacetan Selama Mudik Lebaran

Foto ; istimewa

Zonaekbis.com | Regional traffic traffic manajemen center (RTMC) merupakan pusat komando, kendali lomunikasi dan pusat informasi. Ruang tersebut dilengkapi sarana cukup canggih : Face book, twieter, intagram, komunikasi HT, komputer layar lebar dan SDM yang handal.

Pergerakan arus mudik maupun arus balik dapat dipantau secara riel time
sehingga dari Room RTMC dapat dilihat perkembangan situasi lalin dari situasi normal – ramai lancar – padat dan sampai terjadinya kemacetan atau stuck.

Petugas RTMC dapat menginformasikan kepada petugas lapangan untuk mengambil langkah terukur agar situasi lalin tetap dinamis dan kondusif. Dalam waktu yang bersamaan atau secara paraleh dapat dinfokan kepada masyarakat luas.

Termasuk ada kegiatan reksyasa lalu lintas: SSA, Contra flow sesegera mungkin harus disampaikan, khususnya pengguna jalan. Dengan informasi yang cepat dan kekikinian masyarakat akan lebih cepat mengantisipasi bila ada masalah di jalan, misal: kemacetan, kecelakaan dsbnya.

Ada alternatif pilihan jalan yang akan dilewati agar tidak terjebak kemacetan dan sebagainya. Masalah sutuasi rest area, dan tempat istirahat lain, POM Bensin bisa disampaikan oleh media RTMC.

Masyarakat pengguna jalan juga dapat memberikan info kepada petugas di RTMC tentang permasalah di jalan. Setelah info akan segera direspon dan diberikan solusinya.

Regional traffic manajemen center yang memiliki posisi strategis dapat digunakan untuk komunikasi 2 (dua) arah antara masyarakat dgn Polri dan sebaliknya. Karena posisinya sangat strategis sebagai pusat Komando, kendali, komunikasi dan pusat informasi diharapksn mampu mengambil momentum liburan lebaran ini untuk bisa memberikan pelayanan maksimal.

Bentuk pelayanan maksimal akan dapat diwujudkan di ruang – ruang publik: Jalan, tempat istirahat, dan tempat lainya. Gambaran nyata semua activitas masyarakst dapat terlayani dengan baik, dan bagi masyarakat yang melaksanakan liburan merasa aman, nyaman dan lancar sampai tujuan (mudik dan balik). Dengan maksimalnya peranan RTMC, saya yakin kemacetan dapat diminimalisir termasuk kejadian laka lantas.

TERPOPULER